Jumat, 10 Juni 2011

Bajaj Pulsar DTS-Fi & Bajaj Pulsar DTS-i

Apa saja perbedaannya? Ini dia..
1. Blok Mesin

Yang satu ini, jelas sekali, setelah melihat Pulsar 220 versi injeksi, rupanya blok mesinnya berwarna silver-grey alias abu-abu, sedangkan untuk versi karburator berwarna hitam.
2. Akselerasi
Silaken lihat tabel berikut:
perbedaan akselerasi
3. Konsumsi Bahan Bakar
Lihat lagi tabel berikut:
konsumsi bahan bakar
4. Gear Ratio
Pulsar 220 karburator memiliki gear ratio yang menyebabkan akselerasi pada top gear-nya lebih lambat dibandingkan versi injeksi.
Gear Ratio for the P220 DTS-Fi (Fuel Injected):
1st: 2.76, 2nd: 1.88, 3rd: 1.38, 4th; 1.08, 5th: 0.92
Gear Ratio for the P220 DTS-i (Carbureted):
1st: 2.76, 2nd: 1.88, 3rd: 1.38, 4th; 1.08, 5th: 0.88


5. Logo “F” di fairing”


logo F di bikini fairing


Ini dia perbedaan jelas, di Indonesia, Pulsar 220 DTS-i hadir tanpa huruf F di bikin fairingnya. Padahal huruf F tersebut adalah penanda Pulsar 220F (berfairing), dan bukan Pulsar 220S (non-fairing). Atau mungkin untuk menghilangkan kesan bahwa Pulsar 220 DTS-i ini adalah bukan DTS-Fi (Fuel Injection) sehingga huruf F nya dihilangkan?
6. Warna rims (velg)
bayangkan jika semuanya dalam silver-grey..
Pulsar 220 DTS-Fi (injeksi) memiliki velg warna silver-grey, sedangkan Pulsar 220 DTS-i (karburator) velgnya berwarna hitam doff. Ini cukup mengecewakan, karena ane sudah mengincar Pulsar 220 berwarna silver karena membayangkan betapa cantiknya sebuah Pulsar dengan body, knalpot, mesin dan velg berwarna silver seluruhnya. Namun..setelah diluncurkan, tak seperti yang ane harapkan.. :(

Minggu, 05 Juni 2011

Tips Touring Dan Pengenalan

Gunk Wah ( Bali Bajaj Club)
For Turing Lover
[Share COPASTED] For Turing Lover

Definisi Touring ?

Touring (selanjutnya disebut 'turing') adalah satu bentuk kegiatan klub melakukan perjalanan dengan mengendarai sepeda motor ke tempat tujuan tertentu untuk menyalurkan kegemaran berkendara sepeda motor para anggotanya dan menikmati indahnya kebersamaan dan persatuan para anggota.
...
Pengklasifikasian Touring.

Menurut tujuan dan persyaratannya, turing dibedakan dalam 3 jenis yaitu touring terbuka, touring tertutup dan touring besar (grand touring).

1. Touring Terbuka

* Persyaratannya Tujuan : adaptasi bagi anggota baru
* Peserta : semua anggota
* Jenis mesin : 4 tak, min. 100 cc
* Jarak tempuh pp : 150 - 200 km (medan jalan aman bervariasi dan beresiko kecil)
* Kecepatan Maks : 90 km/jam (disesuaikan kondisi di jalan)

2. Touring Tertutup

* Persyaratannya Tujuan : menyalurkan kegemaran touring dan memperkuat persaudaraan antar anggota
* Peserta : anggota yang aktif mengikuti touring terbuka
* Jenis mesin : 4 tak, cc sesuai jarak tempuh dan medan jalan
* Jarak tempuh pp : min. 200 km
* Kecepatan Maks : 100 km/jam (disesuaikan kondisi di jalan)

2. Touring Besar (Grand Touring)

* Persyaratannya Tujuan : menyalurkan kegemaran touring dan memperkuat persaudaraan antar anggota
* Peserta : anggota yang telah mengikuti touring tertutup
* Jenis mesin : 4 tak, min. 125 cc
* Jarak tempuh pp : 1000 km
* Kecepatan Maks : 100 km/jam (disesuaikan kondisi di jalan)

========================
jadi turing itu sebenernya tergantung event karena di klub gwe ada yg namanya TurCilDaKot (turing kecil dalam kota)
bedanya touring sebuah komunitas dengan piknik beramai2?
tentu bedanya piknik yang dituju adalah tujuannya sedangkan touring biasanya yang dicari dan dinikmati adalah perjalanannya itu sendiri

Turing bermotor adalah kegiatan yang melibatkan perjalanan dengan sepeda motor untuk kenikmatan yang didapat dari perjalanan daripada tujuannya itu sendiri.

-wikipedia

turing berawal dari para pesepeda yang mencari kesenangan dengan cara menyusuri jalur yang biasa dilalui balap tour sepeda, tetapi tidak bertujuan untuk balapan ataupun mencapai satu tujuan, benar-benar menikmati perjalanannya.
cuma konsep awal turing tersebutlah yang mulai bergeser dan sering terlupakan karena sering menjadi suatu event resmi dari suatu komunitas.
sebenarnya yang paling utama dari sebuah touring adalah kepuasan diri.
dan kalau udah ketagihan liat aja contohnya si om jj yang keliling dunia sendirian, heheheh


Petugas Safety riding turing

]Kapten/Leader/RC (Road Captain)
Memimpin dan membuka jalan bagi peserta turing. Diharapkan petugas ini mengerti keadaan masing² kendaraan anggotanya, sehingga kasus rombongan tercecer bisa diminimalisasi.

Sweeper
Mengawal rombongan (biasanya dibelakang sendiri), mengatur barisan turing (bila tidak ada SO/Safety Officer) agar peserta rombongan tidak tercecer, serta memberitahu kepada RC apabila ada rombongan yg tertinggal tuk memperlambat jalan atau berhenti.

SO (Safety Officer)
Mengatur barisan turing, baik 2 baris atau 1 baris, kecepatan rombongan turing dll

Share :

kalo secara sempit cukup 3

1. Kondisi Badan Fit
2. Kondisi Motor Prima
3. Kondisi Keuangan sejahtera

3 hal diatas saja bisa memungkinkan kita untuk melakukan adventure

namun jika ditinjau secara luas,banyak banget yg musti diperhatikan ato dibawa

Peralatan Motor :

-Tools sangat penting,ga usah ditanya lagi kali yah fungsi nya untuk apa
jika memungkin kan bawalah Tools yg sering digunakan cth: kunci 9,10,12,14,17,19..kunci L,Kunci Busi,baut,mur dll

- Busi
- Lampu Cadangan
- Ban Dalam Cadangan
- Senter
- Pisau kecil
- Kabel tie
- Sekring
- Kabel Kopling dan Kabel Gas
- WD40
- Chain Lube
- Oli
- Threebound,instant metal,power glue dll
- Tyre Guard dan sejenis nya
- Karet jaring
dll

Peralatan Akomodasi :

-Pakaian : sesuaikan dengan berapa lama perjalanan akan berlangsung,bawalah pakaian yg sesuai dengan kondisi tujuan perjalanan..
jika dalam musim hujan,bawalah pakaian yg berbahan cotton se minim mungkin.
- CD
- Handuk
- Peralatan mandi
- Pisau Cukur untuk yg berjenggot n berkumis
- Deodorant *penting nih!*
- Tissue Toilet
- Makanan Instant dan Air yang cukup
- Obat/P3K
dll

Gear

ini yang penting karena menyangkut keselamatan riders itu sendiri.
- Helm : di sarankan untuk memakai helm fullface,modular ato helm Trail..jangan gunakan helm halfface,karena proteksi yang diberikan sangat kurang.

- Jaket : Gunakan jaket yang mempunyai proteksi dan ventilasi yang bagus,sesuaikan juga dengan kondisi cuaca/iklim.

- Sarung tangan : dapat disesuaikan dengan kondisi cuaca/musim,gunakan Sarung tangan berbahan kulit jika dalam kondisi dingin..dan gunakan sarung tangan berbahan Mesh,Cotton,Sintetik jika dalam kondisi panas. gunakan sarung tangan yang mempunyai proteksi yang bagus.

- Sepatu : Gunakan Sepatu khusus untuk berkendara motor,terlebih lagi yang mempunyai perlindungan pada engkel kaki.

- Knee,elbow,hand and body guard : Optional,tp jika mempunyai disarankan untuk digunakan

- Bladder/Camelbak : Optional,menghindari dehidrasi saat perjalanan,2 lt cukup untuk mengisi kehausan perjalanan berjarak +- 300-500km

- Jas Hujan : For the Rainy day


and most of all
you dont have to own a box or panniers to do adventure..but if you have one,that will be benefit for you ;D ;D

next :

ada banyak pilihan tempat menginap ketika melakukan perjalanan :
- Hotel/Losmen/Guest house : pilihlah yang sekira nya bukan tempat mesum/yang tidak aman *banyak maling* and most off all..inexpensive ;D ;D ;D
- Rumah saudara/Teman
- Rumah Warga : jika kita melakukan adventure di tempat yang terpencil,dan tidak ada tempat penginapan..carilah kampung/desa terdekat,jika beruntung kita dapat menginap di rumah warga tersebut *jangan lupa memberi uang akomodasi*..you can pay about Rp.20k-50k for a night,it will be a good bargain.
- Camping : The best adventure ever if you do this way.

Jika kita akan melakukan camping hal2 yang harus diperhatikan atau dibawa :

- Tent/Tenda : banyak macam nya,dari yg ukuran 1 org - 8 org,pilihlah yang mempunyai weather protection : angin dan air. jika tidak mempunyai tenda,dapat menggunakan Terpal.
- Sleeping Bag : untuk kenyamanan tidur
- Sleeping Matras : Alas tidur
- Kompor mini
- Compas
- Lampu badai mini
- Pisau/kapak/Sekop mini
- Tali
- Obat anti serangga
- Garam : ditaburkan ke sekeliling tenda,digunakan untuk mencegah pacet mendekati tenda *kadang ada yg bilang berfungsi untuk ular juga*
- Spritus : untuk api unggun
- Snack,Makanan Instant
dll

jika belum mempunyai pengalaman dalam hal ber camping..
- carilah lokasi yang kira nya masih dalam jarak pantau dari Peradaban terdekat misal :1-2km dr desa terdekat.
- carilah lokasi permukaan yang datar,dan dekat dengan air
- Jauhilah pohon2 besar yang mempunyai ranting tua *supaya ga ketibanan di kala tdr*
- mind ur attitude,you are in the middle of now where..respect the nature and the others.

Next : Planning The trip

- SAFETY FIRST!
- Sesuaikan lokasi tempat tujuan dengan kondisi motor *there's no road sports doing on mud and pot holes!*
- Atur budget dengan keperluan yang ada,tidak usah membawa uang berlebih..cukup bawa ATM/Kartu kredit.
- Pilihlah route yang terbaik menurut anda pribadi. jika mempunyai GPS lebih baik lagi
- Jika ingin menginap di hotel/cottage/bungalow dll..booking sebelum Perjalanan dimulai
- Buat lah Plan B jika Plan A tidak berfungsi sebagaimana mestinya "S**t always happen"
- Tidak usah terburu2,Realistic KM ambitions..rushing sucks.
- Istirahat yang cukup selama perjalanan dan sebelum perjalanan,idealnya adalah ber istirahat jika sudah menempuh perjalanan selama 3-4 jam..its good for your body and your bike
- Sharing perjalanan jika anda melakukan nya secara grup/duet
- Kenalilah karakteristik Partner anda
- Bawalah Map dan Notepad
- Having a huge smile on your face when you take off your helmet in front of the people of a village will do wonders for how they will treat you.
- Say Thanks to other people

sekian tips dari saya..semoga membantu

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2219890